PKH Sidrap: Sejahtera Mereka Adalah Cita-cita Kita

oleh -

BERITASIDRAP.COM, SIDRAP – FDS (Family Developing Session) atau P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) adalah salah satu rutinitas bulanan bagi seorang Pendamping PKH. Kegiatan yang berorientasi pada tujuan perubahan perilaku kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH yang dilakukan secara terpadu, sistematis, dan berkelanjutan.

Perubahan perilaku KPM akan melahirkan perubahan pola pikir. Semisal yang dulunya malas datang ke posyandu diharapkan paham pentingnya kegiatan tersebut. Dari yang awalnya tidak begitu peduli dengan keterlibatan pengendalian orang tua terhadap pola belajar anak didik nya, bisa lebih peduli. Juga terhadap pola pikir terhadap hasrat merasa selalu mau menerima bantuan menjadi malu menerima bantuan dan pada akhirnya mandiri secara ekonomi.

“Selama ini masyarakat luas mengetahui PKH hanya dari sisi bantuan berupa uang saja, namun sejatinya bukan hanya itu, setiap bulan KPM PKH dikumpulkan bersama oleh Pendamping PKH untuk melakukan FDS,” kata Supervisor PKH Sidrap, yang bernama lengkap Muhammad Ikhlas Samad.

Lebih lanjut, Ikhlas (Nama Panggilan) mengungkapkan bahwa dalam FDS terjadi pola pembinaan kepada KPM agar mereka paham betul tujuan PKH kedepannya, yaitu memutus mata rantai Kemiskinan melalui peningkatan Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Sosial.

“Salam dari saya Pekerja Sosial Supervisor PKH Kabupaten Sidenreng Rappang. Sejahtera mereka adalah cita-cita kita”, tutupnya.