Badik La Mata Esso Jatuh Ke Tangan Bupati Bulukumba

oleh -367 views

BULUKUMBA,Royalnews.co.id – Badik di tanah Bugis Makassar sangat dihormati. Selain untuk menjaga diri dari serangan musuh, badik juga bisa dipercaya pemiliknya memiliki kekuatan gaib.

Sanggar Seni Budaya [SSB] Alfarabi Bulukumba pada peringatan 1 dekade menggelar Pameran Bilah Pusaka Sulawesi. Ratusan badik benda pusaka ikut ambil bagian pada rangkaian Festival Budaya Pajaga Lino, 9-16 September 2017.

Pada pembukaan Kepala Suku SSB Alfarabi AM Ichdar Yeneng menyerahkan 2 buah benda pusaka berupa badik yang berjuluk pusaka La Mata Esso (matahari) untuk Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali. Dan pusaka La Uleng Tepu (bulan purnama) untuk Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto (TSY) di Gedung JSN Bulukumba.

Bupati AM Sukri Sappewali memberi selamat kepada Sanggar Seni Budaya Alfarabi atas eksistensinya dalam berkarya seni selama 10 tahun ini dan tetap menjaga karakteristiknya. “Terima kasih kepada Alfarabi yang telah mampu membawa nama dan citra Bulukumba ke pentas nasional,” ujarnya

Ichdar, mengatakan selain pameran badik juga akan digelar Kenduri Salo Bijawang, serta Nyanyian Sungai yang lokasinya di sekitar bantaran sungai Bijawang.
“Sebenarnya kenduri di tepi Salo Bijawang ini merupakan proses puncak kami, karena setiap tahunnya kami melakukan ritual di sungai Bijawang sebagai tanda dari Pajaga Lino itu sendiri,” ujarnya

Rangkaian Festival Pajaga Lino ini dimulai dengan kegiatan Gelar Karya Satu Dekade Kami Ada Karena Karya yang berlangsung di halaman gedung JSN 45 Bulukumba, Sabtu malam (9/9). Bupati beserta beberapa kepala OPD hadir mengenakan busana adat lengkap. Selain tamu dari Bulukumba, hadir pula tamu dari daerah lainnya seperti pemerhati pusaka Sulawesi yang berasal dari Wajo, Palopo dan Makassar.

Ichdar berharap akan terus berkarya dan menjaga tradisi dan seni budaya hingga terus eksis.