Bupati Segera Copot Kapus, Ombudsman: Konsistensi Pemkab Diuji

oleh -244 views

BULUKUMBA,Royalnews.co.id – Polemik warga yang menandu jenazah karena tak mendapat ambulans di PKM Kajang menjadi pembahasan warga di Bulukumba bahkan nasional. Bupati Bulukumba berencana mencopot Kepala PKM Kajang Siti Hayati dari jabatannya.

Menanggapi hal itu, Kepala Ombudsman RI perwakilan Sulsel Subhan Joer angkat bicara. Menurutnya, Pemkab Bulukumba sedang dalam ujian konsistensi menjalankan aturan. Kata Subhan, dari kemanusiaan mungkin patut dievaluasi. Hanya saja dia menekankan dari sisi regulasi, Kapus Kajang tidak melanggar aturan. “Justeru Kapus seharusnya dicopot jika Ia mengizinkan mengangkut karena telah melanggar aturan,”kata Subhan Joer saat dihubungi Royalnews.co.id Senin 28 Agustus 2017.

“Apakah Dia (Bupati) tunduk sama aturan atau mengikuti tekanan masyarakat dari medsos?. Saya kira perlu kajian mendalam,”katanya. Subhan berharap Pemkab tidak mengorbankan orang yang tidak bersalah demi pencitraan dan atas dasar tekanan masyarakat yang tidak paham regulasi.

Subhan pun meminta semua pihak dapat menahan diri atas polemik saling menyalahkan. “Siapa yang akan menggaransi bahwa Kapus tidak dicopot jika seandainya dia mengizinkan mobil itu digunakan??. Tentu ini tanggungjawab pemerintah,”tegasnya. Meski demikian Subhan tak membenarkan Kapus terkait tidak mengambil tindakan saat kejadian. “Sebagai pejabat seharusnya memberikan solusi dengan komunikasi ke atasan (Bupati/Wakil Bupati). Nanti setelah itu meminta bantuan saat warga membutuhkan karena sudah darurat,”tambahnya.

Subhan juga berharap agar anggaran pembelian ambulans mempertimbangkan dana desa. “Jika dana desa, apakah bisa sebagai solusi untuk pemenuhan mobil ambulans atau jenazah,”tutup Subhan.