Sejarah Hip Hop Breakdance Diulas Doodle Google

oleh -369 views

JAKARTA,Royalnews.co.id – Ada yang menarik di halaman utama Google hari ini, Jumat 11 Agustus 2017. Google lewat doodle hari ini membuat tema Hip Hop tha break.

Pada doodle berbentuk video, Google membahas tentang sejarah musik hip hop break. Pada video itu diawali dengan alunan musik piringan dj. Lalu muncul rapper yang juga musisi Fab 5 Freddy mengajak untuk merayakan musik hip hop the break.

“Saya Fab 5 Freddy dari New York City Hari ini kita merayakan inovasi hip hop the break,”ajak Fab 5 Freddy dengan gaya hip hopnya.

Katanya pada 11 Agustus 1973, DJ Kool Herc menggelar pesta musik Back To School di kawasan Bronx AS. Disk Jockey ini membuat variasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. Siapa sangka hal itu menjadi sejarah musik di dunia.

Dia memainkan musik dengan dua turntable mampu memperpanjang break instrumen sehingga semua orang menari lebih lama. Gaya itulah yang dikenal dengan breakdance.

DJ Kool Herc membawakan lagu dari James Brown, Jimmy Castor, dan Babe Rooth. Kool Herc pula lah yang akhirnya menciptakan scratch dan bunyi-bunyian aneh yang menimbulkan sebuah sensasi yang luar biasa pada saat itu. HipHop lalu diisi MC oleh Melle Mel. Kemudian bosan dengan aturan pemerintah yang mengekang, akhirnya Melle Mel mengeluarkan rasa bencinya pada pemerintah dan pandangannya tentang kehidupan lewat lirik-liriknya.


Sejak itu musik HipHop lebih banyak menceritakan tentang kehidupan disekitar masyarakat kulit hitam dan teriakan-teriakan serta protes suara hati mereka kepada pemerintahan yang berlaku tidak adil. Hingga akhirnya elemen Hip Hop juga diwarnai beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya.