Listrik Nunggak, Aliran Air PDAM Terhenti

by

Tagihan listrik masih menunggak mengakibatkan air PDAM tidak mengalir karena aliran listrik disetop oleh PLN.

Sebelumnya Mata Air Lotong-Lotong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bulukumba dikeluhkan warga pasalnya sudah 5 hari tidak mengalir. Mata air tersebut mensuplai air ke beberapa kecamatan termasuk Bontobahari dan Ujung Loe. Mata air itu berada di Lingkungan Batumesu, Kelurahan Benjala Kecamatan Bontobahari.

Santer beredar isu di tengah masyarakat bahwa tanggul Mata Air Lotong-Lotong sedang dalam tahap renovasi yang dikerjakan oleh pihak CV. Sinar Tompobulu.
“Betul sementara dikerja, tapi bukan karena itu air tidak mengalir, tapi karena tagihan listrik di PLN Menunggak,” tutur Sadiman salah satu pengelolah lapangan kepada awak media, Jumat 30 Oktober 2020.

Sadiman yang mesti berhadapan dengan masyarakat, meminta kepada pelanggan agar yang masih ada tunggakan untuk segera dibayar.

“Banyak pelanggan yang bertanya kemana uang pembayarannya kenapa menunggak, tapi saya sebagai penagih hanya sebagai perantara,” jelasnya.

Menurut pengakuannya selain tagihan listrik yang menunggak, gajinya pun sudah 5 bulan belum dibayarkan terhitung sejak Mei.

“Karena sudah berapa hari air tidak mengalir, dan semua orang butuh air saya pun harus beli air sama tetangga,” ketusnya.

Salah satu pemuda, Arman Bassara menyayangkan hal ini,
“Sudah beberapa hari air tidak mengalir, namun pihak PDAM belum punya solusi dan kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi,” tuturnya.

Pemuda tersebut menduga ada sesuatu yang mengganjal,
“Ada apa di PDAM Bulukumba, salah satu Perusahaan Daerah (Perusda) yang seharusnya bisa tanggap terkait masalah pelayanan tapi ini malah mengorbankan pelanggannya,” katanya.

Lebih jauh, Arman mengatakan dia sudah datang ke PLN untuk mengecek angka pasti total tagihan PDAM,
“Jika PDAM belum punya solusi, Insya Allah hari senin saya akan susul ke kantor PDAM Bulukumba,” tegas Arman.

Dirinya berharap pihak PDAM segera punya solusi atas permasalahan tersebut, dan mengevaluasi manajemen pelayanan.