Hasil Survei SMRC: Hanya Askar Hl Lawan Sepadan TSY

oleh -

JAKARTA – Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei Pilkada Bulukumba 2020. SMRC melakukan beberapa simulasi untuk melihat peluang calon bupati pada Pilkada Bulukumba.

Nama Askar Hl, Ketua PPP Bulukumba, sepertinya menjadi penantang “tunggal” Tomy Satria Yulianto (TSY), yang merupakan petahana Wakil Bupati saat ini.

Dari beberapa simulasi, TSY dan Askar HL saling mendahului. Bahkan nama Askar HL menjadi top of mind mengalahkan TSY.

Pada simulasi ini, SMRC meminta jawaban spontan tanpa mengajukan pilihan nama jika pemilihan langsung Bupati Bulukumba dilaksanakan sekarang ini. Ternyata Askar HL mendapat 11,2 persen suara.

Sementara TSY meraih 10,7 persen suara. Menyusul Andi Hamzah Pangki 3 persen,. Kemudian Jamaluddin M Syamsur dan Abdul Kahar Muslim masing-masing 1,5 persen. Beberapa calon lain meraih 1 persen.

Sedangkan pada simulasi semi terbuka (31 nama), Tomy Satria Yulianto meraih dukungan tertinggi 29,3%. Askar HL 20%, Abdul Kahar Muslim 5,6%, sementara nama lain dukungannya masih kurang dari 5%. Massa
mengambang ada 19,5%.

Di semua simulasi pilihan tertutup (9-2 nama calon bupati) Tomy Satria Yulianto mendapatkan dukungan tertinggi sekitar 37,1-40,2%. Askar HL yang mendapat dukungan 23,7-34,4%.
9
SMRC juga mendapatkan membeberkan bahwa belum ada calon yang sudah sangat popular, sudah dikenal di atas 90%. Tomy Satria Yulianto dan Askar HL yang paling populer, sudah dikenal oleh 81%
dan 79% warga. Kemudian Abdul Kahar Muslim 54%, Andi Hamzah Pangki
53%, sementara calon lain popularitasnya di bawah 50%.

Hasil kesimpulan SMRC, Tomy Satria Yulianto sampai saat survei 14-20 November 2019, mempunyai peluang paling besar untuk mempertahankan kursi bupati. Namun dukungan kepada Tomy Satria
Yulianto belum istimewa.

Calon istimewa biasanya menurut SMRC sudah mendapat dukungan di atas 50% dengan selisih di atas 30% dalam simulasi yang melibatkan dirinya dengan saingan terdekatnya. Dukungan Tomy Satria Yulianto dalam simulasi semi terbuka masih di bawah 50% dan selisih dengan saingan terdekatnya di bawah 20%.

“Bila melihat hasil survei kali ini, hanya Askar HL yang menjadi lawan sepadan Tomy Satria Yulianto. Peluangnya cukup besar untuk bisa memberikan persaingan ketat bagi Tomy Satria Yulianto jika popularitas Askar HL sudah sama,” isi kesimpulan survei SMRC.

Apalagi, lanjut rilis itu, berdasarkan pengalaman, dukungan kepada incumbent cenderung menurun. “Jika Tomy Satria Yulianto tidak bekerja keras dan terstruktur tidak mustahil keunggulan saat survei kali ini akan sirna,” tulis SMRC.