Dari Perempuan untuk Perempuan

oleh -

Siapapun anda (perempuan), entah hari ini berperan sebagai ibu, anak, istri, saudara, menantu atau pun ipar. Sebuah tulisan sederhana ini kupersembahkan untuk kalian yang luar biasa.

Bagi saya, setiap perempuan itu luar biasa karena harus lebih keras dalam bekerja. Meski ruang kadangkala dipersempit dimana laki-laki cenderung mendominasi. Hal ini bukanlah masalah yang menjadikan niat kita surut untuk terus maju selangkah lebih jauh.

Dalam menentukan pilihan hidup pun seringkali jadi lebih menantang. Ancaman dan cibiran muncul dari berbagai arah. Namun, ada banyak perempuan yang justru lebih senang dengan tantangan. Mencobanya, melewatinya pun menikmatinya. Lantas, masihkah kita ragu akan potensi dalam diri ?

Saya mengapresiasi juga kagum kepada perempuan manapun yang siap bekerja dan berdedikasi diluar rumah. Ingat! Jangan pernah membiarkan potensi yang dimiliki terhalang oleh tradisi.

Adalah benar bahwa terlahir sebagai perempuan tidaklah mudah. Tapi, bukan berarti hidup kita menjadi susah. Jalan licin, berkerikil, curam, terjal. Bisa kok kita lewati. Caranya? yakinkan diri, dengan kemauan keras dan usaha yang maksimal. Terlepas dari ridhoNya dan restu semesta.

Perempuan hari ini sudah banyak yang membuktikan kemampuannya pada berbagai bidang. Pendidikan, hukum, politik, ekonomi, dll. Hampir seluruhnya ada perempuan yang mengisi posisi strategis untuk level tertentu.

Untuk kalian para perempuan. Mari saling merangkul, bekerja sama agar jadi lebih hebat, lebih sukses dan lebih bisa tebar manfaat kepada orang banyak. Bukan sebaliknya, malah saling menjatuhkan satu sama lain. Hindari hal-hal yang sebisa mungkin memicu timbulnya kesenjangan. Kecemburuan atas prestasi yang telah diraih sahabat perempuan kita, misalnya. Wajib kita ketahui bahwa capaian itu tidak mudah ia dapatkan. Kita harus berpeluh keringat, berkorban materi pun perasaan. Jadikan motivasi untuk kita MENJADI.

Sebagai kalimat penutup dari tulisan sederhana ini, saya berharap setelah membacanya, jalan pikiran anda bisa terbuka. Menjadi pribadi bersemangat, percaya diri, senantiasa melatih diri agar lebih baik lagi kedepannya.

Salam Sejahtera dan Sukses untuk kita semua.
(Terinspirasi dari dua perempuan hebat)

Bulukumba, 12 November 2019
Jamrah, Pemerhati sosial masyarakat di Bulukumba