Hakteknas 2017 di Makassar Pertama Kali di Luar Jawa

oleh -297 views

MAKASSAR,Royalnews.co.id – Untuk pertama kalinya puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) digelar di luar pulau Jawa. Tahun ini Hakteknas ke-22 dipusatkan di Kota Makassar, Sulsel, Kamis 10 Agustus 2017.

Pemilihan Kota Makassar sebagai penyelenggara karena pertimbangan Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang. Selain itu memiliki dinamika pembangunan pesisir yang paling tinggi di Indonesia. Kota Makassar juga memiliki pelabuhan perikanan yang terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

Rencananya Hakteknas akan dihadiri Wapres Jusuf Kalla dan Mantan Presiden BJ Habibie. Hadir pula beberapa menteri seperti Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko PMK Puan Maharani dan Menristekdikti Muh Natsir.

Wapres dan rombongan dijadwalkan juga membuka resmi pameran Raytech Expo. Lalu memberikan bantuan konverter kit bagi nelayan yang ada di Makassar dan sekitarnya. Agenda lain melihat 19 inovasi karya anak bangsa.

“Ini kebanggaan pertama di luar Jawa. Pak Presiden tak jadi tapi diwakili Pak JK,”kata Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah (Balitbangda) Sulsel, Muhammad Firda.