Meski lelah Tim GTPN menikmati Wisata di Lampung

oleh -212 views

GTPN 2017 | Etape 5 hari 2

Palembang  – Rangkasbitung Km 632

 Tim GTPN 2017 Disambut Ratusan Pelajar Mesuji Menuju Menggala

Royalnews.OKI-Penyambutan Tim  Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 di hari kedua Etape 5  dari Tugu Mulyo Kecamatan Lempuing, Kabupaten. Ogan Komering Ilir (OKI), disambut Camat Mesuji dan ratusan masyarakat serta pelajar, Rabu (25/7/2017).

Rute sejauh 30 Km yang dilalui Tim GTPN 2017 menuju Kecamatan Mesuji Kab.OKI melewati perkebunan sawit.  Rombongan dan Tim GTPN 2017 disambut Camat Mukhlis, yang dalam sambutannya Camat Mesuji,  Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), menyatakan bahwa dengan kedatangan Tim Gowes singgah di daerahnya dapat memotivasi  masyarakat Mesuji untuk  berolahraga sepeda. ” Terlebih bersepeda  mampu menyehatkan  tubuh. “Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula,” ungkap Camat Mukhlis yang didampingi Kapolsek Mesuji Komandan Rayon Militer (Danramil) Kapten Jawari yang diwakili Serka Selamet dan Kapolsek Mesuji AKP Darmanson.

Tim Gowes pun melanjutkan touringnya dengan menyeberangi sungai menuju ke Kabupaten Mesuji, yang masuk Propinsi Lampung dan disambut Wakil Bupati (Wabup). Mesuji, Propinsi Lampung, Saply TH, Asisten Daerah (Asda) 2, Irvira, Kepala Dinas. Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Mesuji, Edison Rasid Habibie.

Duta – duta olahraga ini, selain menjadi sarana promosi olahraga bersepeda juga bisa sebagai media dalam memperkenalkan destinasi wisata alam daerah yang dimiliki  Kab. Mesuji, terlebih sebagai kabupaten baru Mesuji menjadi kawasan strategis, karena daerah tersebut segera  dilintasi jalur tol Trans Sumatera yang saat ini masih dalam tahap konstruksi.

“Ragam wisata taman hayati dengan aneka tanaman dan tumbuhan serta kebun binatang di Bumi Ragam Begalicarang bisa dikunjungi Tim GTPN  sambil bergowes ria,” ujar Wabup H. Saply TH,  berpromosi serta mengajak untuk beristirahat dan bermalam di Kab. Mesuji.

Tim Gowes  singgah sebentar di Kab. Mesuji, kemudian meneruskan perjalanan ke Kab Tulang Bawang dengan menyelesaikan jarak 132 km sampai Kota Menggala menjelang senja dan disambut Kepala Dispora Kab. Tulang Bawang, Drs. H. Ismed, MH.

Tim GTPN menyudahi perjalanan hari ini dengan bermalam di Menggala dan melanjutkan perjalanan besok, (Rabu 26/7 2017) ke Way Jepara sejauh 130 Km yang akan diberangkatkan oleh Wakil Bupati Tulangbawang, Heri Wardoyo sekaligus menyerahkan tanah dan air yang berasal dari bumi Menggala.

Tim GTPN 2017 pun kembali melanjutkan Etape 5 hari 3 dimulai dari Menggala – Way Jepara, dalam rangkaian rute Palembang  – Rangkasbitung sejauh 632 Km.

Tim GTPN 2017 ini terdiri 16 orang Atlit yang terdiri dari 8 rider wanita dan 8 rider pria yang dipilih dari berbagai daerah di Indonesia. Kemampuan pegowes di ajang GTPN ini sudah tak diragukan lagi kepiawaiannya dalam menempuh perjalanan ribuan kilometer  dan sulitnya medan yang mereka.

Sebelumnya ribuan kilometer  sudah dilalui Tim GTPN 2017 ini, perjalanan bersepeda telah mereka tempuh di Etape  1 sejauh   1.168 km dari Sabang KM 0 sampai Balige Tobasa. Lalu Etape 2 melanjutkan perjalanan dari Balige menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km. Disambung sampai di Etape 3 dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km. Terakhir  mereka telah merampungkan Etape  4 yang dimulai dari Kota Bengkulu sampai Kota Palembang dengan jarak tempuh 604 km, jadi total jarak dari Sabang KM 0 sampai Kota Palembang ini sejauh 3.085 km. Tim GTPN 2017 memasuki Etape 5  yang dimulai dari Kota Palembang menuju Rangkas Bitung sejauh 632 Km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017  merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga.  Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang di lewati 90 kota/kab selama touring dan nantinya di bawa ke Magelang di kumpulkan dalam suatu bentuk Tugu atau monumen di Gunung Tidar.(him)