GTPN 2017 Memasuki Etape Ke – 5 hari 1 Palembang – Rangkasbitung Km 632 Km

oleh -346 views

GTPN 2017 | Etape 5 hari 1
Palembang – Rangkasbitung Km 632 Km

Hadapi Sengatan Matahari dan Ramainya Lalulintas, Touring Gowes Diperkuat Wong Kito Jalani Etape 5 Hari Pertama Palembang – Tugu Mulyo 141 Km

Royalnews. PALEMBANG-Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 sudah memulai Etape barunya yakni etape 5 sepanjang 632 km dari Palembang menuju Rangkasbitung di Banten, Selasa (25/7/2017).

Hari pertama Tim GTPN 2017 akan menuju Tugu Mulyo di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sejauh 141 km. Jalan yang dilalui adalah jalan negara yang datar, namun sengatan panas, serpihan debu dan ramainya lalu lintas akan menjadi tantangan tersendiri bagi Tim GTPN yang sebelumnya telah rehat selama 2 hari di Palembang untuk memulihkan tenaga.

Atlit elite balap sepeda asal Palembang, Yeppy Kurniawan, yang merupakan putra atlit sepeda senior , Mustaqim asal Kota Palembang ikut bergabung dalam touring gowes 5000 Km. Yeppy pun baru saja menjuarai Kejuaraan Balap Sepeda Road Race Open Sumatera, Minggu lalu di Jambi dan Juara 3 Kejuaraan Triathlon Bengkulu Nomor Relay.
Bergabungnya Wong Kito, Yeppy Kurniawan dalam barisan Tim GTPN 2017 semakin memperkuat pasukan gowes menuju finish du Kecamatan Tugu Mulyo.

Tim GTPN 2017 ini terdiri 16 orang Atlit yang terdiri dari 8 rider wanita dan 8 rider pria yang dipilih dari berbagai daerah di Indonesia. Kemampuan pegowes di ajang GTPN ini sudah tak diragukan lagi kepawaiannya dalam menempuh perjalanan ribuan kilometer dan sulitnya medan yang mereka hadapi.

Atlit wanita nya pun tak kalah tangguh dengan atlit prianya yang dibina oleh tangan dinginnya Woro Wigati selaku manager atlit. Dari delapan rider wanita yang tergabung di GTPN 2017 ini diantaranya Mitya Fitrina, lahir di Bandung, 6 Maret 1981, seorang Ibu yang memiliki banyak prestasi di olahraga Sepeda, Sepatu Roda dan Triathlon. Kejuaran dan prestasi yang diraih Mitya antara lain :
– Top 5 Duathlon Men’s Health Fitness, Jakarta 2009
– 2nd Placing Kejurnas Balap Sepeda Women Elite, Banjarnegara 2009
– Top 5 Kejurnas Tanjakan PR Cup, Bandung 2009.
– 4th Placing Bali Herbalife Triathlon AG, 2016
– 4th Placing TTT Women Open Jiexpo Criterium, 2017.

Mitya juga sempat bergabung dalam Rudy Project Indonesia Team dalam Event Balap Sepeda Jelajah Wanita Malaysia 2016.

Rombongan dan Tim Gowes siap melaju menuju etape 5 Palembang – Rangkasbitung , namun terlebih dulu singgah di Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Dalam prosesi pelepasan Tim Gowes menuju Etape 5 diwakili Sekertaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Sekdispora), Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Tri Wardaya, mengharapkan rombongan dan Tim GTPN 2017 tetap semangat untuk melanjutkan touring ini menuju etape 5 sampai berakhir di Magelang, Jawa Tengah.

“Atas nama Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan kami merasa bangga telah dipercaya untuk menyelenggarakan event ini, selamat jalan dan tetap semangat menempuh dan menikmati pesona wisata lainnya di Nusantara ,” ucap Sekdispora Propinsi Sumsel.

Rombongan GTPN 2017 singgah terlebih dulu di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel dan disambut Asisten Daerah (Asda) II. Bidang Ekonomi dan Pembangunan,Kabupaten Ogan Ilir, Faisal Mukhtar, SE. MM didampingi ketua KONI dan ketua ISSI mengatakan kedatangan duta – duta olahraga di dalam event nasional ini mampu menjadi sarana pemersatu bangsa.
“Agar terjaga kondusitas bangsa dan lebih mencintai berbangsa dan bernegara,” pesan Faisal kepada peserta gowes.

Setelah melewati perkebunan sawit dan panasnya terik matahari, Tim GTPN 2017, kembali singgah di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Disana rombongan dan tim gowes disambut, Wakil Bupati (Wabup). Ogan Komering Ilir (OKI), Muhamad Rifa’i , didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora). Kab.OKI, M.Dahlan, Ketua Komite Olaharaga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten OKI, Drs. Iklim Cahya,MM dan Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kab. OKI, dr. Siska Susanti, MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kab.OKI beserta dr.Ismi Wildani penggerak Komunitas Sepeda di Kab.OKI.

Wabup OKI. Muhamad Rifa’i , mengharapkan agar olahraga bersepeda bisa tumbuh dan berkembang di Kab. OKI, ” Dengan adanya kegiatan ini, bisa memotivasi masyarakat untuk bersepeda karena bersepeda itu murah tapi menyehatkan,” ujar Muhamad Rifa’i.

Perjalanan pun dilanjutkan menuju finish di Tugu Mulyo,Kecamatan Lempuing, OKI sore hari. Camat Lempuing, Sujito, SE MM mengaku senang dengan kehadiran tim gowes dan bangga atas terpilihnya Tugu Mulyo dalam event nasional ini.
” Sebagai bukti bahwa remaja harus eksis dalam menatap masa depannya dengan tubuh yang sehat maka jiwa kita pun ikut sehat,” tutur Camat Lempuing.

Rombongan dan tim akhirnya bermalam di Camat Lempuing dan hari ini (26/7/2017) melanjutkan touring hari kedua Etape 5 menuju Menggala sejauh 131 Km.
Sebelumnya ribuan kilometer sudah dilalui Tim GTPN 2017 ini, perjalanan bersepeda telah mereka tempuh di Etape 1 sejauh 1.168 km dari Sabang KM 0 sampai Balige Tobasa. Lalu Etape 2 melanjutkan perjalanan dari Balige menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km. Disambung sampai di Etape 3 dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km. Terakhir mereka telah merampungkan Etape 4 yang dimulai dari Kota Bengkulu sampai Kota Palembang dengan jarak tempuh 604 km, jadi total jarak dari Sabang KM 0 sampai Kota Palembang ini sejauh 3.085 km.

Selanjutnya Tim memasuki Etape 5 yang dimulai dari Kota Palembang menuju Rangkas Bitung sejauh 632 Km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga. Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang, untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan rekreasi sepeda dan
intinya akan membawa Air dan Tanah Nusantara dari wilayah yang di lewati selama Touring dan nantinya di
bawa ke Magelang di kumpulkan dalam suatu bentuk Tugu atau monumen di Gunung Tidar. (sofi/BY).