Tim Gowes Pesona Nusantara Berhasil Selesaikan Etape Lahat – Prabumulih

oleh -242 views
Peserta Tim Gowes Touring Pesona Nusantara saat mengikuti Fun Bike bersama Bupati Lahat Saifuddin Aswari Rivai, yang mendapat sambutan meriah dari masyarakat sepanjang lintasan sejauh 8 kkilometer sebelum akhirnya dilepas untuk menuju ke Prabumulih, pada Jumat (21/7) (foto:royal)
Peserta Tim Gowes Touring Pesona Nusantara saat mengikuti Fun Bike bersama Bupati Lahat Saifuddin Aswari Rivai, yang mendapat sambutan meriah dari masyarakat sepanjang lintasan sejauh 8 kkilometer sebelum akhirnya dilepas untuk menuju ke Prabumulih, pada Jumat (21/7) (foto:royal)

Royalnews.com – Setelah seharian Kamis (20/7), Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) beristirahat memulihkan kondisi dengan mengunjungi sejumlah destinasi di Lahat, peserta kembali melanjutkan perjalanan. Sebelumnya, pada malam hari peserta dijamu Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lahat, Ferly Sumarno.

Ya, hari ini, Jumat (21/7) peserta melakukan touring bersama Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai menempuh jarah 8 kilometer, sebelum akhirnya dilepas untuk melanjutkan touring etape ke-4 menuju Prabumulih yang berjarak sejauh 132 kilometer.

Dalam kesempatan itu, Saifudin menyampaikan apresiasi kepada Tim GTPN yang telah menempuh perjalanan bersepeda 2.800 kilometer sejak dari kilometer 0 di Sabang, Aceh hingga akhirnya tiba di Lahat Sumatera Selatan. Pihaknya bangga, atas terpilihnya wilayah Lahat sebagai daerah yang dilintasi dan dikunjungi oleh rombongan dan Tim GTPN 2017.

“Dengan adanya kegiatan Kemenpora ini bisa menjadi ajang promosi berbagai destinasi wisata dan budaya yang dimiliki Kabupaten Lahat dan menjadi daya tarik bagi masyarakat Lahat dalam mengembangkan olahraga bersepeda sambil menikmati indahnya panorama alam,” kata Saifudin.

Selama kegiatan berlangsung Tim GTPN membaur bersama ratusan peserta Fun Bike, meliputi Komunitas Gowes Kabupaten Lahat yang dikoordinasikan oleh Pengurus KONI Lahat dan para Goweser dari SKPD di lingkungan Pemkab Lahat dan unsur masyarakat lainnya.

Rute perjalanan menuju Prabumulih melewati Kabupaten Muara Enim terlebih dulu. Sesampainya di Muara Enim rombongan akan diterima Staf ahli kemasyarakatan dan SDM, Kabupaten Muara Enim, Panca Surya.

Sambutan Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar yang dbacakan oleh Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Panca Surya, mengatakan kegiatan ini dapat memotivasi dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup melalui olahraga dan menikmati keindahan destinasi nusantara yang bisa dilakukan dengan bergowes.

“Kegiatan ini sejalan dengan visi Kabupaten Muara Enim yang sehat, mandiri, agamis dan sejahtera, dan saya berpesan kegiatan ini bisa memperkenalkan wisata, kuliner, seni dan budaya kepada peserta dan tim GTPN 2017 ini,” ungkap Bupati.

Hal yang sama pun diutarakan Koordinator Lapangan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Agus Santoso, yang merasakan kegembiraannya atas penyambutan Pemerintah Kabupaten Muara Enim beserta jajarannya terhadap kedatangan rombongan GTPN

“Insya Allah dengan kegiatan yang diprakarsai Kemenpora ini, dengan bergowes selain tubuh kita menjadi bugar dan bisa meningkatkan produktivitas kerja, juga dengan bersepeda kita bisa menyusuri dan menikmati keindahan wisata yang ada di daerah, sekaligus menambah rasa persatuan dan kesatuan berbangsa dan bertanah air,” papar Agus Santoso, Staff Kemenpora yang ditugaskan menyertai Tim GTPN sejak Etape 1.

Rute yang ditempuh Tim Gowes dari Lahat – Muara Enim ditempuh sejauh 62 Km dan dilanjutkan kembali menuju Kabupaten Prabumulih, Sumatera Selatan. Setelah Pemkab Muara Enim menyerahkan tanah dan air kepada Tim GTPN 2017 yang akan disatukan dengan tanah dan air dari tiap daerah yang mereka singgahi untuk selanjutnya  akan dibawa ke Magelang Jawa Tengah menjadi bagian dari pembuatan monumen tanah dan air bersamaan dengan Peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) yang di pusatkan di Gunung Tidar, Magelang pada 9 September 2017.

Dalam perjalanan finish menuju Kota Prabumulih, Tim Gowes dihadang cuaca panas terik dan banyak ditemui truk batubara sama seperti saat di daerah Lahat, harus berhati-hati. Para pegowes pun terpaksa beberapakali berhenti untuk rehat.

Medan yang ditempuh cenderung turun sehingga atlit bisa menambah kecepatan jelajah sampai 37 kilometer per jam di beberapa ruas. Begitu tiba di Kota Prabumulih, Tim Gowes langsung mengunjungi Taman Kota Prabumulih dan kemudian disambut di Pendopo Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih.

Kegiatan ini patut digalakkan terlebih disaat sekarang bangsa Indonesia tengah merasakan kekhawatiran akan terjadi disintegrasi bangsa, demikian pesan yang disampaikan Walikota Prabumulih, Ridho Yahya di acara penyambutan Tim GTPN 2017. “Semangat rela berkorban dan pantang menyerah harus kita terapkan pada diri kita dalam membangun bangsa ini,” tutur Ridho Yahya.

GTPN 2017 merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga.  Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Dengan sampainya Tim GTPN di Kota Prabumulih yang menempuh jarak  Lahat – Prabumulih sepanjang 156 km, berarti tim gowes telah mencapai jarak perjalanan 422 km  dari total jarak   604 Km Etape Empat dari Bengkulu ke Palembang. Setelah sebelumnya merampungkan Etape pertama yang menempuh jarak 1.168 Km dari kilometer 0 Sabang dan finish di Balige, Sumatera Utara. Dan Etape Dua sejauh 727 km dari Balige Sumatera Utara dan finish di Padang, Sumatra Barat. Lalu Etape Tiga dari Padang ke Bengkulu sejauh 625 Km. (him)