Gamat, Hewan Unik yang Eksotis

oleh -
Gamat (timun laut) (foto:ist)
Gamat (timun laut) (foto:ist)

Royalnews – Di alam ini banyak sekali hewan yang di anugerahi Allah sang Pencipta dengan ragam dan keunikan, mulai dari ragam bentuk tubuh hingga kemampuannya yang menakjubkan.

Demikian juga dengan hewan laut yang satu ini. Teripang atau biasa juga disebut dengan Gamat atau orang China menyebutnya dengan Haisom atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan sea cucumber (timun laut) merupakan hewan laut yang eksotis dan unik.

Jika dilihat dari bentuk tubuhnya hewan ini mirip dengan siput laut tak bercangkang. Tetapi teripang bukanlah siput laut dan juga bukan termasuk jenis ikan. Melainkan lebih dekat kekerabatannya kepada jenis bintang laut

Sejauh ini sudah lebih dari 1.200 jenis spesiesnya yang telah dindentifikasi. Hewan ini tersebar luas di lingkungan laut seluruh di dunia. Mulai dari zona pasang surut sampai di laut dalam.

Diantara  beberapa keunikannya adalah kemampuannya mempertahankan diri yang luar biasa, memiliki kemampuan regenerasi yang cepat dan juga mempunyai beberapa khasiat medis yang luar biasa sehingga bagus sekali untuk pengobatan.

Nah bagi anda yang penasaran bagaimana keunikannya khususnya yang berhubungan dengan khasiat medis maka berikut ini akan kami kupas. Secara tradisional, Gamat digunakan oleh nenek moyang kita sejak beratus tahun yang lalu untuk mempercepat penyembuhan luka setelah bersalin, sebagai minuman tonik untuk mengembalikan tenaga, dijadikan minyak urut untuk meredakan sakit sendi dan otot malah turut diaplikasikan pada gigitan serangga untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Dari ribuan jenis Gamat tadi hanya empat yang bisa dijadikan bahan pengobatan dan dari empat tadi jenis “Gamat emas” dari berbagai penelitian di universitas terkemuka di seluruh dunia jenis Gamat emas (stichopus horens salenca) dulu dikenal dengan Stichopus hermanii adalah Gamat yang terbaik dan terlengkap kandungan medisnya hal ini setelah melalui kajian DNA oleh Kamarul, Rizwan dan Gires.

Gamat berbentuk silinder dengan leper pada bagian dorso-ventral, tanpa tulang belakang dan mempunyai bukaan pada bagian depan dan belakang. terdapat mekanisme pembiakan bagi gamat yaitu secara seksual atau aseksual (pembelahan badan) dan autonomi (penyerpihan kulit badannya).

Prof. Dr. Rizwan Hasyim telah mempelopori penyelidikan Timun laut di Malaysia sejak tahun 1980 an di Universitas kebangsaan dibawah Gerun Techno Fund menemukan bahwa gamat Emas kaya dengan kandungan protein melebihi 44%, 3-5% karbohidrat dan kurang dari 2% lemak kasar dan turut mempunyai berbagai bahan bioaktif yang berkhasiat diantaranya asid amino dan asid lemak perlu, vitamin, mineral dan sebagainya.

Berikut khasiat lainnya dari Gamat emas antara lain, membantu penyembuhan luka dalam dan luar. Sebuah kajian juga menemukan bahwa gamat dapat membantu mencegah penyakit jantung, mengurangi radang, penahan sakit, mencegah dan merawat sakit kencing manis, tekanan darah tinggi, mengurangi sakit sendi, meredakan wasir dan maag serta berpotensi merawat kulit.

Gamat juga mengandung anti oksidan alami yang dapat memberikan perlindungan terhadap radikal bebas penyebab kerusakan dan kemerosotan sel dan juga penyebab munciulnya kanker. Gamat mengadung colagen yang tinggi setara dengan sirip ikan hiu dan juga sarang burung walet. (him)

sumber www.gamatagesb.com