Ini Penyebab Listrik Padam di Bulukumba dan Sinjai Menurut Humas PLN

oleh -956 views

Makassar – Sebagian listrik di Kabupaten Bulukumba dan Sinjai memgalami pemadaman sejak petang hingga malam. Menurut Humas PLN wilayah Sulselrabar, Rosita Zulkarnaen, pemadaman listrik akibat gangguan pada jaringan transmisi.

Rosita Zulkarnaen pada siaran persnya menyampaikan bahwa pada Pukul 07.40 WITA terjadi gangguan pada ruas jaringan Bulukumba Sinjai. Hal itu terjadi lantaran ada pohon tumbang akibat ditebang orang tak dikenal sehingga menimpa Transmisi sehingga menyebabkan terjadinya Trip pada PLTU Punagaya, PLTU Jeneponto dan PLTU Jeneponto Ekspansi.

Lokasi Jaringan tempat pohon tumbang yang menyebabkan gangguan tersebut terletak di Desa Kaloli Kecamatan Sinjai Timur Kampung Pakitta. Pada pukul 09.15 Transmisi PLN sudah normal. Akibat gangguan transmisi tersebut, PLTU Punagaya, PLTU Jeneponto dan PLTU Jeneponto Ekspansi mengalami ganguan, sehingga pembangkit perlu di pulihkan/restart dengan mendinginkan suhu pembangkit terlebih dahulu untuk bisa masuk ke Sistem Sulbagsel pada malam hari. Petugas Teknis saat ini sedang berjuang keras bekerja memulihkan di PLTU Punagaya dan PLTU Jeneponto Ekspansi agar dapat beroperasi normal sehingga diperkirakan sistem kelistrikan Sulbagsel kembali normal pada malam hari.

GM PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar Bob Saril menyampaikan permohonan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. “Hal ini sungguh sangat tidak kami inginkan. Kami memohon doa dan kesabaran masyarakat agar kami dapat segera menormalkan kembali,”katanya.

Tips PLN
• Bila memakai genset, peralataan elektronik yang akan dipakai langsung hubungkan dengan generator. Serta hidupkan peralatan elektronik yang memerlukan daya paling besar terlebih dulu.
• Minimalisir alternatif penerangan lain (misalnya : lilin dan lampu teplok) untuk menghindari keadaan yang tidak diinginkan seperti kebakaran.
• Minimalkan membuka kulkas dan freezer. Biarkan tetap tertutup agar kondisi makanan tetap segar.