Profil Olaudah Equino, Sosok di Doodle Google

oleh -

Ini profil tentang Olaudah Equino, sosok di Google Doodle Senin (16/10/2017). Seorang budak kulit hitam yang terkenal karena getol menyuarakan penghapusan perbudakan.

Sejak kevil dia gonta-ganti majikan. Olaudah Equino pernah dimiliki petugas Royal Navy, Letnan Michael Pascal dari Virginia selama delapan tahun. Namun selama itu selama itu mencuri ilmu dan belajar membaca dan menulis.

Michael Pascal melepasnya kepada Kapten Kapal di London lalu menjelajah ke Monsserrat. Dia pun kembali dijual pada seorang pedagang terkemuka bernama Robert King. Ia di pekerjakan oleh Robert King sebagai kelasi, pelayan dan tukang cukur. Alhasil dari pekerjaan sampingan dia mampu menebus kebebasannya pada tanggal 10 Juli 1766.

Selama 20 tahun dia menghabiskan waktunya untuk berkeliling dunia, termasuk perjalananya ke Turki dan Arktik. Hingga tahun 1786 ia terlibat dalam gerakan penghapusan perbudakan di London. Dia adalah seorang anggota terkemuka “ Sons of Africa”, sebuah kelompok yang terdiri dari 12 pria kulit hitam yang berkampanye penghapusan perbudakan tersebut.

Tahun 1789 dia menerbitkan otobiografinya yang berjudul “The Interesting Narrative of the Life of Olaudah Equiano or Gustavus Vassa, the African “ dan menyebarluaskannya bukunya yang sangat popular pada saat itu. Buku ini merupakan buku pertama yang ditulis dan diterbitkan oleh penulis Afrika yang membuatnya menjadi sukses.

Tahun 1792 Olaudah Equino menikahi seorang wanita Inggris, Susanna Cullen dan hingga memiliki dua orang anak perempuan. Olaudah Equino meninggal pada tanggal 31 Maret 1797. (Wiki/Google Doodle)