Jaringan Joki CPNS Kemenkumham Makassar Sembunyikan Kamera di Rok Lalu ke WC

oleh -5.374 views

MAKASSAR,Royalnews.co.id – Seorang peserta ujian CAT CPNS Kemenkumham terciduk membawa kamera tersembunyi di Makassar. Kamera tersebut disembunyikan di dalam rok lalu mencoba mencurangi pengawas ujian.

Hal itu diungkap Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulsel Subhan Djoer, Jumat 15 September 2017. Menurut Subhan seorang peserta perempuan yang mengikuti tes CPNS KEMENKUMHAM tertangkap saat menghubungi Jokinya di kamar mandi. “Dengan menggunakan kamera yang disembunyikan dalam rok,”kata Subhan.

Pelaksanaan tes CAT oleh calon PNS Kemenkumham Sulsel itu digelar di Kampus STIE Amkop. Adapun modus peserta ini katanya, merekam soal-soal yang terpampang di layar monitor.

“Secara otomatis soal itu terkirim ke monitor joki yang ada di luar. Joki membacakan jawaban yang benar melalui alat pendengar yang ditanam di telinga,”ujar Subhan.

Kata dia, ruang tes sudah disterilkan untuk sinyal, sehingga jaringan lemah. “Makanya yang bersangkutan izin ke WC. Tp terlalu lama akhirnya petugas menjemput di WC dan ketahuan,”bebernya lagi.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menegaskan peserta yang curang dalam seleksi CPNS dimasukkan dalam daftar hitam atau black list. Peserta tersebut tidak akan diberi kesempatan kembali untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).