
OPPO mendemonstrasikan kualitas perangkat A95 pada acara bertajuk “OPPO A95: Quality Teardown & O-elite Certification” yang diadakan di OPPO Service Center ITC Roxy Mas (20/12). Di sini, OPPO ingin menunjukkan kesiapan layanan purna jualnya dalam mendukung segala permasalahan yang mungkin muncul pada perangkat A95.
“OPPO membuktikan kualitas A95 dengan melakukan sesi pembongkaran perangkat untuk menunjukkan komponen berkualitas tinggi yang membuat smartphone ini layak dibeli oleh konsumen. Kami secara khusus merekomendasikan perangkat ini sebagai hadiah Natal dan Tahun Baru 2021,” kata Aryo Meidianto A. PR Manager OPPO Indonesia.
Selain itu, Aryo juga menegaskan bahwa OPPO juga ingin memberikan gambaran kesiapan dukungan layanan purna jualnya dengan teknisi bersertifikat handal. Pada kesempatan ini, perangkat OPPO A95 juga dibongkar oleh salah satu teknisi yang baru saja menyelesaikan sertifikasi teknisi tahap dunia.
Sesi pembongkaran dilakukan oleh teknisi bernama Ayu yang merupakan teknisi berpengalaman dan baru lulus untuk mendapatkan sertifikasi tingkat yang lebih tinggi. Sertifikasi diperlukan untuk menghindari kegagalan setiap kali Anda membongkar smartphone.
OPPO sendiri merekomendasikan pembongkaran perangkat harus dilakukan oleh teknisi bersertifikat, karena tidak boleh dilakukan oleh konsumen sendiri. Berbagai komponen kualitas OPPO A95 terlihat dari sesi pembongkaran perangkat ini.
OPPO A95 adalah perangkat kelas menengah yang menawarkan kualitas tertinggi di jajaran perangkat seri A. Perangkat ini memiliki sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air biasa. Oleh karena itu, perangkat ini sangat aman saat terkena gerimis atau tumpahan air secara tidak sengaja.
OPPO Glow pada perangkat ini juga telah menguji A95 melalui uji ketahanan aus, di mana bagian belakang perangkat digosok dengan berbagai bahan seperti wol baja, karet, dan kain flanel untuk mensimulasikan perangkat yang dimasukkan ke dalam saku celana.
Ini memberikan A95 ketahanan gores yang sangat baik. Selain itu, ada beberapa tes kualitas pada A95, seperti:
Pastikan tidak mudah terbakar.
Uji keamanan pengisian daya adalah uji keamanan pengisian daya tingkat lanjut dengan perangkat lunak yang dapat secara otomatis menghentikan pengisian daya saat suhu tertentu tercapai. Uji radiasi UV, letakkan A95 di bawah sinar UV selama 96 jam untuk memastikan penutup belakang tidak berubah warna untuk waktu yang lama.
Sertifikasi itu sendiri rutin dilakukan oleh OPPO Service Center, terutama untuk teknisi dan service assistant. Kegiatan ini dilakukan setiap 6 bulan sekali untuk mendapatkan sertifikasi yang berbeda-beda, yang ditunjukkan dengan membubuhkan tanda bintang pada nama masing-masing teknisi atau service assistant.
Setiap kegiatan sertifikasi ini diawasi langsung oleh pabrik sentral OPPO di Dongguan, China. Para penguji dari pabrik OPPO di China akan memantau proses sertifikasi secara online termasuk chat
langsung dengan peserta melalui sesi wawancara.
Di Indonesia, program ini berlangsung secara terpusat, di mana teknisi terpilih dan asisten layanan dari berbagai daerah bertemu di Jakarta. Tentunya program ini dijalankan oleh OPPO Service Center untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen dalam menghadapi masalah perangkat A95.
Konsumen tidak perlu khawatir dengan kualitas SDM teknisi OPPO Service Center. Untuk memastikan transparansi proses perbaikan, OPPO Service Center menyiapkan sistem perbaikan tatap muka di mana konsumen dapat melihat proses perbaikan langsung dari teknisi bersertifikat.
Sumber :